Balai Latihan Kerja Majalengka - Jaringan LAN MAN & WAN

blk majalengka-citra telematika merupakan sebuah lembaga pembelajaran dan pelatihan kursus yang melayani siswa aktif, mahasiswa umum dan juga untuk private.


Citra telematika membuka program pembelajaraan yang non formal, mungkin bagi anda yang ingin mengembangkan ilmu komputerisasi bisa mendapat pelatihan lebih lanjut dengan bimbingan para staf-staf dan mentor dari citra telematika siap membimbing anda dari bisa menggunakan komputer ke mahir dalam komputerisasi sampai ke tingkat ahli dalam berbagai hal yang ada dalam komputer.


 jika anda ingin bergabung dan ingin belajar di citra telematika, jangan bingung mau pilih program pelatihan mana? karena disini kami menyediakan banyak jenis program pelatihan-pelatihan yang bisa anda pilih. terkusus bagi anda yang masih baru belajar komputer kami akan berikan pelatihan dasar dalam komputerisasi mengingat tahap pelatihan dasar ini teramat penting jika anda ingin bisa,mahir dan ahli dalam keKomputer sebagai contoh yaitu pelatihan mengetik sepuluh jari, fungsi-fungsi tombol yang ada di komputer (Ctrl+C - Ctrl+V Ctrl+A dll).'


Citra telematika memiliki program pelatihan digital marketing yang mempelajari Research keyword, tool free, Pembuatan Web 2.0, Template Web, Google bisnis, Google place, Google adword, Market place, Social media, Instagram, Gpluss, dan Facebook.


Sebelumnya saya sudah Membahas beberapa pelatihan yang ada di Citra telematika majalengka ini, Bisa anda cek di bloger saya untuk lebih lengkapnya klik "disini". Selanjutnya saya akan menjelaskan program selanjutnya yaitu jaringan Lan Wan Man.


-LAN MAN dan WAN


LAN, MAN, dan WAN rasanya memang saling sehubungan   dengan yang namanya internet.

Internet sendiri adalah  singkatan dari interconnection-networking yang artinya ialah   jaringan komputer yang bisa   menghubungkan seseorang dengan dunia (telekomunikasi) dengan memakai   standart sistem global transmission control protocol/ Internet Protocol Suite (TCP/IP), yang berperan sebagai protocol pertukaran paket (Packet Switching Communication Protocol) guna   melayani semua   pemakai   internet yang ada   di dunia.

Namun butuh   diketahui bahwa internet pun   memiliki sejumlah   jenis yang diantaranya mempunyai   nama   LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network) dan WAN (Wide Area Network).

Berikut ini ialah   pengertian dari hal-hal tersebut, serta bagaimana teknik   kerjanya guna   dapat terhubung dengan internet.

1. Jaringan LAN (Local Area Network) – Apa Itu LAN?



LAN (Local Area Network) ialah   suatu jaringan komputer yang melulu   mencakup distrik   lokal, dalam artian, jaringan ini hanya dapat   digunakan oleh orang-orang yang berada di lokasi   LAN saja.

LAN bisa   menghubungkan sebuah perlengkapan   ke internet dengan menggunakan sekian banyak    perangkat jaringan yang lumayan   sederhana. Seperti melulu   dengan memakai   kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dan beda   sebagainya.

Adapun sejumlah   contoh jaringan LAN, yakni ialah   seperti komputer-komputer yang saling terhubung di sekolah, perusahaan, warnet, dan tidak sedikit   lainnya. Itu ialah   beberapa misal   jaringan LAN yang gampang   ditemukan.

Keuntungan Menggunakan Jaringan LAN
Menggunakan jaringan LAN mempunyai tidak sedikit   keuntungan, laksana   lebih hemat   pengeluaran ongkos   operasional, lebih hemat   dalam pemakaian   kabel. Dan deviden   lainnya yang kamu   dapat ialah   koneksi transfer data antar node dan komputer bekerja dengan cepat. Di samping   itu, memakai   jaringan LAN rasanya kita pun   tidak membutuhkan   operator telekomunikasi guna   dapat menciptakan   jaringan LAN.

Kerugian Menggunakan Jaringan LAN
Tentu saja dengan memilih memakai   jaringan yang satu ini ada sejumlah   kekurangannya, seperti jangkauan   wilayah koneksi yang terbatas, sehingga urusan   itu   menjadi salah satu kelemahan   dari jaringan LAN.

2. Jaringan MAN (Metropolitan Area Network) – Apa Itu MAN?



MAN (Metropolitan Area Network) ialah   jenis jaringan komputer yang dapat merangkum   area yang lebih luas dan memakai   teknologi yang lebih modern   dari seluruh   jaringan komputer berjenis LAN.

Mengapa jenis jaringan ini dikatakan dapat   mencakup lokasi   yang lebih luas? Jawabannya ialah   karena MAN sendiri biasa dipakai   untuk menghubungkan jaringan komputer dari satu kota ke kota lainnya. Namun sayang, untuk menciptakan   suatu jaringan MAN, seringkali   memerlukan operator telekomunikasi yang bertugas sebagai penghubung antar jaringan komputer.

Keuntungan Menggunakan Jaringan MAN
Berbeda dengan jaringan LAN, jaringan ini sendiri dapat merangkum   wilayah atau lokasi   yang lebih luas sampai-sampai   untuk berkomunikasi dengan internet menjadi lebih efisien. Jaringan MAN pun   mempermudah kamu   dalam halnya berbisnis. Bahkan, ketenteraman   berkomunikasi memakai   jaringan ini pun   menjadi lebih terjaga.

Kerugian Menggunakan Jaringan MAN
Meskipun bertelekomunikasi dengan jaringan ini dapat   dibilang lumayan   aman, tetapi   ternyata jaringan MAN gampang   dirusak oleh seseorang tidak bertanggung jawab untuk memungut   keuntungan pribadi. Bahkan, untuk membetulkan   jaringan MAN ini pun   memerlukan masa-masa   yang lumayan   lama.

3. Jaringan WAN (Wide Area Network) – Apa Itu WAN?




WAN (Wide Area Network) ialah   salah satu jenis jaringan komputer yang merangkum   wilayah super luas dan memakai   teknologi yang super canggih bilamana   dibandingkan dengan jaringan LAN maupun MAN.

Tidak tanggung-tanggung, jaringan ini sendiri seringkali   digunakan guna   menghubungkan sebuah   jaringan dengan negara lain. Bahkan, dari sebuah   benua ke benua lainnya. Untuk bisa   menghubungkan ke sekian banyak    negara, jaringan WAN terhubung dengan memakai   kabel fiber optic dan menanamkannya di dalam tanah maupun di jalur bawah laut.

Keuntungan Menggunakan Jaringan WAN
Di samping   lebih modern   daripada LAN ataupun MAN, jaringan WAN ini pastinya   memiliki jangkauan   wilayah jaringan yang paling   luas. Adapun teknologi yang lebih modern   sudah pasti   ditanamkan di mekanisme ini. Otomatis urusan   itu   juga menciptakan   jaringan WAN bisa   terhubung dengan lebih rahasia dan lebih aman. Karena cakupannya dapat   membentang antar benua, maka urusan   ini pun   mempengaruhi fasilitas   dalam hal   berbisnis.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama